RPP - Bahasa Indonesia - Pertemuan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Fak/Jur/Prog : Pendidikan Biologi
Mata Kuliah/SKS : Bahasa Indonesia/3 SKS
Pokok Bahasan : Perkembangan Bahasa Indonesia
Pertemuan : 2
Alokasi waktu : 170 menit
Standar Kompetensi/Capaian Pembelajaran :
Mampu memahami pengetahuan kebahasaan dalam bahasa Indonesia dan menuangkannya dalam kata dan kalimat
Kompetensi Dasar :
- Memahami pengertian dan tujuan membaca
- Mengenal dan mengaplikasikan teknik membaca cepat (Scanning and Skimming)
Materi : Teknik Membaca
Metode : Presentasi, Praktek, dan tugas mandiri
Alat/Bahan : laptop, infokus
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
- Kegiatan awal
- Berdoa (2 menit)
- Refleksi (3 menit)
- Kegiatan inti
- Mahasiswa melakukan role play—seorang berperan sebagai moderator dan memilih mahasiswa membaca artikel yang dibawa, sementara mahasiswa lain memberi komentar (45 menit)
- Membuat kesimpulan tentang kegiatan tersebut (15 menit)
- Dosen memberikan presentasi tentang Teknik Membaca (45 menit)
- Mahasiswa diberi tugas mandiri (45 menit)
Tugas Mandiri
- Mencari Topik
- Mencari Opini dalam bacaan
- Mencari Bagian terpenting dalam bacaan
- Kesan umum terhadap bacaan
- Kegiatan akhir
- Mahasiswa membuat kesimpulan tentang kegiatan belajar-mengajar hari ini (10 menit)
- Mahasiswa diingatkan kembali tentang materi minggu depan (3 menit)
- Berdoa (2 menit)
PR
Membaca EYD Bab 2 (hal 15) dalam Modul Mahasiswa dan setiap orang menyiapkan satu pertanyaan
Evaluasi
Soal
|
Skor
|
Mencari Topik
|
10
|
Mencari Opini
|
20
|
Mencari bagian terpenting dalam bacaan
|
20
|
Kesan umum terhadap bacaan
|
50
|
Jumlah
|
100
|
Jumlah
|
Nilai
|
Persen
|
>80
|
A
|
3 %
|
79 – 60
|
AB
|
3 %
|
60 – 40
|
B
|
2 %
|
39 – 20
|
BC
|
2 %
|
19 – 10
|
C
|
2 %
|
Referensi
Nurhadi.2005.Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca.Bandung:Sinar Baru Algesindo.
……2005.Membaca Cepat dan Efektif.Bandung:Sinar Baru Algesindo.
0 komentar: